Fungsi Evaluasi Pembelajaran adalah
salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi
Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun,
jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel,
di antaranya :
Fungsi Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli
CHABIB THOHHA
FUNGSI EVALUASI
BAGI GURU ADALAH UNTUK :
a. Mengetahui kemajuan belajar peserta didik.
b. Mengetahui kedudukan masing-masing individu peserta
didik dalam kelompoknya.
c. Mengetahui kelemahan-kelemahan dalam proses
pembelajaran.
d. Memperbaiki proses belajar-mengajar.
e. Menentukan kelulusan peserta didik
BAGI PESERTA
DIDIK, EVALUASI BERFUNGSI UNTUK:
a. Mengetahui kemampuan dan hasil belajar.
b. Memperbaiki cara belajar.
c. Menumbuhkan motivasi dalam belajar.
BAGI SEKOLAH,
EVALUASI BERFUNGSI UNTUK:
a. Mengukur mutu hasil pendidikan.
b. Mengetahui kemajuan dan kemunduran sekolah.
c. Membuat keputusan kepada peserta didik.
d. Mengadakan perbaikan kurikulum.
BAGI ORANG TUA
PESERTA DIDIK, FUNGSI EVALUASI ADALAH UNTUK :
a. Mengetahui hasil belajar anaknya.
b. Meningkatkan pengawasan dan bimbingan serta bantuan
kepada anaknya dalam usaha belajar.
c. Mengadakan pemilihan jurusan atau jenis sekolah
lanjutan bagi anaknya
ADAPUN FUNGSI
EVALUASI BAGI MASYARAKAT DAN PEMAKAI JASA PENDIDIKAN ADALAH UNTUK :
a. Mengetahui kemajuan sekolah.
b. Ikut mengadakan kritik dan saran perbaikan bagi
kurikulum pada sekolah tersebut.
c. Lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam
usahanya membantu lembaga pendidikan.
ZAINAL ARIFIN
Fungsi Evaluasi
Secara Menyeluruh Adalah Sebagai Berikut :
a. Secara psikologis,
dalam
pembelajaran peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya, oleh karena
itu guru perlu melakukan evaluasi pembelajaran, termasuk penilaian prestasi
belajar peserta didik untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. sehingga peserta
didik bisa merasakan kepuasan dan ketenangan.
b. Secara sosiologis,
dalam
arti bahwa peserta didik dapat berkomunikasi dan beradaptasi terhadap seluruh
lapisan masyarakat dengan segala karakteristiknya, hal tersebut merupakan
fungsi dari evaluasi untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu
untuk terjun ke masyarakat.
c. Secara didaktis-metodes,
merupakan
salah tujuan dari evaluasi untuk membantu guru dalam memperbaiki proses
pembelajarannya serta membantu guru dalam menempatkan peserta didik dalam
kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya.
d.
Evaluasi membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi, baik dalam
rangka menentukan jenis pendidikan, jurusan maupun kenaikan kelas.
e.
Evaluasi berfungsi untuk mengetahui kedudukan peserta didik dalam kelompok,
apakah dia termasuk anak pandai, sedang, ataukah kurang pandai.
f.
Evaluasi berfungsi untuk mengetahui taraf kesiapan peserta didik dalam menempuh
program pendidikannya.
g. Secara administratif,
hasil
dari evaluasi dapat memberikan gambaran secara umum tentang semua hasil usaha
yang dilakukan oleh institusi pendidikan untuk diketahui oleh pejabat
pemerintah yang berwenang. Dalam evalusi tersebut juga berfungsi untuk
memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua, , kepala
sekolah, guru-guru, dan peserta didik itu sendiri.