Fungsi Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli


Fungsi Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli


Fungsi Evaluasi Pembelajaran adalah salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih terkait.

Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :


Fungsi Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli

CHABIB THOHHA

FUNGSI EVALUASI BAGI GURU ADALAH UNTUK :

a. Mengetahui kemajuan belajar peserta didik.
b. Mengetahui kedudukan masing-masing individu peserta didik dalam kelompoknya.
c. Mengetahui kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajaran.
d. Memperbaiki proses belajar-mengajar.
e. Menentukan kelulusan peserta didik

BAGI PESERTA DIDIK, EVALUASI BERFUNGSI UNTUK:

a. Mengetahui kemampuan dan hasil belajar.
b. Memperbaiki cara belajar.
c. Menumbuhkan motivasi dalam belajar.

BAGI SEKOLAH, EVALUASI BERFUNGSI UNTUK:

a. Mengukur mutu hasil pendidikan.
b. Mengetahui kemajuan dan kemunduran sekolah.
c. Membuat keputusan kepada peserta didik.
d. Mengadakan perbaikan kurikulum.

BAGI ORANG TUA PESERTA DIDIK, FUNGSI EVALUASI ADALAH UNTUK :

a. Mengetahui hasil belajar anaknya.
b. Meningkatkan pengawasan dan bimbingan serta bantuan kepada anaknya dalam usaha belajar.
c. Mengadakan pemilihan jurusan atau jenis sekolah lanjutan bagi anaknya
ADAPUN FUNGSI EVALUASI BAGI MASYARAKAT DAN PEMAKAI JASA PENDIDIKAN ADALAH UNTUK :

a. Mengetahui kemajuan sekolah.
b. Ikut mengadakan kritik dan saran perbaikan bagi kurikulum pada sekolah tersebut.
c. Lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usahanya membantu lembaga pendidikan.

ZAINAL ARIFIN

Fungsi Evaluasi Secara Menyeluruh Adalah Sebagai Berikut :

a. Secara psikologis,
dalam pembelajaran peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya, oleh karena itu guru perlu melakukan evaluasi pembelajaran, termasuk penilaian prestasi belajar peserta didik untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. sehingga peserta didik bisa merasakan kepuasan dan ketenangan. 

b. Secara sosiologis,
dalam arti bahwa peserta didik dapat berkomunikasi dan beradaptasi terhadap seluruh lapisan masyarakat dengan segala karakteristiknya, hal tersebut merupakan fungsi dari evaluasi untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat.

c. Secara didaktis-metodes,
merupakan salah tujuan dari evaluasi untuk membantu guru dalam memperbaiki proses pembelajarannya serta membantu guru dalam menempatkan peserta didik dalam kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya.

d. Evaluasi membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi, baik dalam rangka menentukan jenis pendidikan, jurusan maupun kenaikan kelas.

e. Evaluasi berfungsi untuk mengetahui kedudukan peserta didik dalam kelompok, apakah dia termasuk anak pandai, sedang, ataukah kurang pandai.

f. Evaluasi berfungsi untuk mengetahui taraf kesiapan peserta didik dalam menempuh program pendidikannya.

g. Secara administratif,
hasil dari evaluasi dapat memberikan gambaran secara umum tentang semua hasil usaha yang dilakukan oleh institusi pendidikan untuk diketahui oleh pejabat pemerintah yang berwenang. Dalam evalusi tersebut juga berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua, , kepala sekolah, guru-guru, dan peserta didik itu sendiri.




POSTINGAN TERKAIT