Prinsip Evaluasi Pembelajaran adalah
salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi
Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun,
jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel,
di antaranya :
Prinsip Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli
SUDIJONO
A. PRINSIP
KESELURUHAN
Prinsip
keseluruhan atau prinsip menyeluruh juga dikenal dengan istilah prinsip
komprehensif (comprehensive).Dengan prinsip komprehensif dimaksud disini bahwa
evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila evaluasi
tersebut dilaksanakan secara bulat, utuh, atau menyeluruh. Dengan kata lain,
evaluasi hasil belajar harus dapat mencakup berbagai aspek yang dapat
menggambarkan perkembangan atau perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri
peserta didik sebagai makhluk hidup.
B. PRINSIP KESINAMBUNGAN
Prinsip
kesinambungan juga dikenal dengan istilah prinsip kontinuitas
(continuity).Dengan prinsip kesinambungan dimaksud disini bahwa evaluasi hasil
belajar yang baik adalah evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara
teratur dan sambung-menyambung dari waktu ke waktu.
C. PRINSIP OBYEKTIVITAS
Prinsip
obyektivitas (objectivity) mengandung makna, bahwa evaluasi hasil belajar dapat
dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila dapat terlepas dari faktor-faktor
yang bersifat subjektif.
DEPDIKNAS
PRINSIP EVALUASI PEMBELAJARAN TERPADU
SEBAGAI BERIKUT:
a.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengevaluasi diri di samping bentuk
evaluasi lainnya.
b.
Guru perlu mengajak para siswa untuk mengevaluasi perolehan belajar yang telah
dicapai berdasarkan kriteria keberhasilan pencapaian tujuan yang akan dicapai.