Proses Belajar Mandiri adalah salah
satu artikel dari paket postingan “Belajar
Mandiri”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi
kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket
postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :
RAGAM PROSES BELAJAR MANDIRI
A. Menetapkan Tujuan
Pembelajar
memilih atau berpartisipasi dalam memilih, untuk bekerja demi sebuah tujuan
penting, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang bermakna bagi dirinya
maupun orang lain.
B. Membuat Rencana
Pembelajar
menetapkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan mereka. Merencanakan disini
meliputi melihat lebih jauh ke depan dan memutuskan bagaimana cara untujk
berhasil. Rencana yang diputuskan siswa tergantung pada apakah mereka ingin
menyelesaikan masalah, menentukan persoalan, atau menciptakan suatu proyek.
Rencana
yang dibuat seseorang bergantung pada tujuannya. Baik tujuan tersebut
melibatkan penyelesaian masalah, menyelesaikan persoalan tersebut, semuannya
membutuhkan pengambilan tindakan, mengajukan pertanyaan, membuat pilihan,
mengumpulkan dan menganalisa informasi, serta berfikir secara kritis, dan
kritis. Kemampuan untuk melakukan hal-hal tersebut memungkinkan keberhasilan
pembelajaran mandiri.
C. Mengikuti Rencana Dan Mengukur Kemajuan
Diri
Dari
semula, pembelajar tidak hanya menyadari tujuan mereka, tetapi mereka juga
harus menyadari keahlian akademik mereka yang harus dikembangkan serta
kecakapan yang diperoleh dalam proses belajar mandiri. Selain proses tersebut
mereka harus mengevaluasi seberapa baik rencana mereka berjalan.
D. Membuahkan Hasil Akhir
Pembelajar
mendapatkan suatu hasil baik yang tampak maupun yang tidak tampak bagi mereka.
Ada ribuan cara untuk menampilkan hasil-hasil dari pembelajaran mandiri. Yang
paling jelas adalah sebuah kelompok mungkin menghasilkan portofolio, dan dapat
pula memberikan informasi menggunakan grafik, tampil untuk mempresentasikan
hasil belajar mereka dan siap dikomentari oleh pembelajar yang lainnya.
E. Menunjukkan Kecakapan Melalui Penilaian
Autentik
Para
pembelajar menunjukkan kecakapan terutama dalam tugas-tugas yang mandiri dan
autentik. Dengan menggunakan standart nilai dan penunjuk penilaian untuk
menilai portofolio, jurnal, presentasi, dan penampilan pembelajar sehingga
pengajar dapat memperkirakan tingkat pencapaian akademik mereka. Sebagai
tambahan penilaian autentik menunjukkan sedalam apakah proses belajar mengajar
yang diperoleh siswa dari pembelajaran mandiri tersebut. Proses belajar mandiri
adalah proses yang kaya, bervariasi, dan menantang. Keefektifan bergantung
tidak hanya pada pengetahuan dan dedikasi pembelajar, tetapi juga dedikasi dan
keahlian pengajar.