Ciri Ciri Belajar Mandiri adalah salah
satu artikel dari paket postingan “Belajar
Mandiri”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi
kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket
postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :
3. Proses Belajar Mandiri
Ciri-Ciri Belajar Mandiri Menurut Para Ahli
JEROLD E KEMP
Ciri
Ciri Program Belajar Mandiri, meliputi hal-hal berikut :
a.
Kegiatan belajar untuk siswa dikembangkan dengan cermat dan rinci. Pengajaran
sendiri berlangsung dengan baik apabila bahan disusun menjadi langkah-langkah
yang terpisah dan kecil, masing-maing membahas satu konsep tunggal atau
sebagian dari bahan yang diajarkan. Besar langkah bisa berbeda-beda, namun
urutannya perlu diperhatikan dengan teliti.
b.
Kegiatan dan sumber pengajaran dipilih dengan hati-hati dengan memperhatikan
sasaran pengajaran yang dipersyaratkan.
c.
Penguasaan pembelajar terhadap setiap langkah harus diperiksa sebelum ia
melanjutkan ke langkah berikutnya.
d.
Apabila muncul kesulitan, pembelajar mungkin perlu mempelajari lagi atau
meminta bantuan pengajar. Jadi, pembelajar secara terus-menerus ditantang,
harus menyelesaikan kegiatan yang diikutinya, langsung mengetahui hasil belajar
atau usahanya, dan merasakan keberhasilan.
HARIS MUDJIMAN
Ciri-ciri
belajar mandiri dapat dilihat dari sumber belajar yang digunakan, tempat
belajar, waktu belajar, tempo dan irama belajar, cara belajar, dan evaluasi
hasil belajar akan diuraikan sebagai berikut :
a.
Sumber Belajar
Belajar
mandiri dapat menggunakan berbagai sumber dan media belajar yang bersifat self instructional, dapat juga teknologi
informasi seperti internet.
b.
Tempat Belajar
Belajar
mandiri dapat dilakukan dimana saja yang kondusif untuk belajar seperti di
sekolah, rumah, perpustakaan dan sebagainya.
c.
Waktu Belajar
Belajar
mandiri dapat dilakukan setiap waktu yang dikehendaki pebelajar.
d.
Tempat dan irama belajar
Kegiatan
dan intensitas belajar ditentukan sendiri oleh pebelajar sesuai kemampuan,
kebutuhan dan kesempatan .
e.
Cara belajar
Cara
belajar ditentukan dengan kesesuaian leh tipe belajar pembelajar dan keampuan
belajarnya.
f.
Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi
hasil belajar mandiri dilakukan oleh pebelajar sendiri dengan membandingkan
antara tujuan belajar dan hasil belajar yang dicapainya, pembelajar akan
mengetahui sejauh mana keberhasilannya.