WIDODO DAN JASMADI
BAHAN AJAR ADALAH
seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran,
metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis
dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai
kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya.
ALI MUDLOFAR
BAHAN AJAR ADALAH segala
bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan
tertulis maupun tidak tertulis.
NATIONAL CENTRE FOR
COMPETENCY BASED TRAINING (2007)
BAHAN AJAR ADALAH segala
bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam
melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa
bahan tertulis maupun tak tertulis.
ANDI PRASTOWO
BAHAN AJAR ADALAH segala
bahan (baik informasi, alat, maupun teks) yang disusun secara sistematis, yang
menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan
digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk perencanaan dan penelaah
implementasi pembelajaran. Dari pengertian-pengertian tersebut, media
pembelajaran seperti buku, video, program audio, maupun komputer yang berisi
tentang pelajaran yang dengan sengaja dirancang secara sistematis, maka
bahan-bahan tersebut dinamakan bahan ajar. Namun, jika tidak dirancang sistematis
meskipun mengandung materi pelajaran, maka tidak bisa menyebutnya sebagai bahan
ajar.
UNSUR-UNSUR BAHAN AJAR
- PETUNJUK BELAJAR, komponen ini meliputi petunjuk bagi pendidik maupun peserta didik. Didalamnya dijelaskan tentang bagaimana pendidik sebaiknya mengajarkan materi kepada peserta didik dan bagaimana pula peserta didik sebaiknya mempelajari materi yang ada dalam bahan ajar tersebut.
- KOMPETENSI YANG AKAN DICAPAI, dalam bahan ajar seharusnya dicantumkan standar kompetensi, kompetensi dasar, maupun indikator pencapaian hasil belajar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Dengan demikian, jelaslah tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik.
- INFORMASI PENDUKUNG, merupakan berbagai informasi tambahan yang dapat melengkapi suatu bahan ajar. Diharapkan peserta didik akan semakin mudah menguasai pengetahuan yang akan mereka peroleh. Salin itu, pengetahuan yang diperoleh peserta didik akan semakin komprehensif.
- LATIHAN-LATIHAN, merupakan suatu bentuk tugas yang diberikan kepada peserta didik untuk melatih kemampuan mereka setelah mempelajari bahan ajar. Dengan demikian, kemampuan yang mereka pelajari akan semakin terasah dan terkuasai secara matang.
- PETUNJUK KERJA ATAU LEMBAR KERJA, merupakan lembaran yang berisi sejumlah langkah prosedural cara pelaksanaan kegiatan tertentu yang dilakukan oleh peserta didik yang berkaitan dengan praktik ataupun yang lainnya.
- EVALUASI, merupakan salah satu bagian dari proses penilaian. Sebab, dalam komponen evaluasi terdapat sejumlah pertanyaan yang ditujukan kepada peserta didik untuk mengukur seberapa jauh penguasaan
KARAKTERISTIK BAHAN AJAR
Dalam
modul yang dikeluarkan oleh Direktorat Guruan Menengah Kejuruan Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional tahun
2003, bahan ajar memiliki beberapa karakteristik:
1. SELF INSTRUCTIONAL:
Adalah bahan ajar dapat
membuat siswa mampu membelajarkan diri sendiri dengan bahan ajar yang
dikembangkan. Untuk memenuhi karakter self instructional, maka di dalam bahan
ajar harus terdapat tujuan yang dirumuskan dengan jelas, baik tujuan akhir
maupun tujuan antara. Selain itu, dengan bahan ajar akan memudahkan siswa
belajar secara tuntas dengan memberikan materi pembelajaran yang dikemas ke
dalam unit-unit atau kegiatan yang lebih spesifik.
2. SELF CONTAINED :
Adalah seluruh materi
pelajaran dari satu unit kompetensi atau subkompetensi yang dipelajari terdapat
di dalam satu bahan ajar secara utuh. Jadi sebuah bahan ajar haruslah memuat
seluruh bagian-bagiannya dalam satu buku secara utuh untuk memudahkan pembaca
mempelajari bahan ajar tersebut.
3. STAND ALONE:
Adalah bahan ajar yang
dikembangkan tidak tergantung pada bahan ajar lain atau tidak harus digunakan
bersama-sama dengan bahan ajar lain. Artinya sebuah bahan ajar dapat digunakan
sendiri tanpa bergantung dengan bahan ajar lain.
4. ADAPTIVE:
Adalah bahan ajar hendaknya
memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.
Bahan ajar harus memuat materi-materi yang sekiranya dapat menambah pengetahuan
pembaca terkait perkembangan zaman atau lebih khususnya perkembangan ilmu dan
teknologi.
5. USER FRIENDLY:
Adalah setiap intruksi dan
paparan informasi yang tampil bersifat membantu dan bersahabat dengan
pemakainya, termasuk kemudahan pemakai dalam merespon dan mengakses sesuai
dengan keinginan. Jadi bahan ajar selayaknya hadir untuk memudahkan pembaca
untuk mendapat informasi dengan sejelas-jelasnya.
FUNGSI BAHAN AJAR
1. FUNGSI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN KLASIKAL, ANTARA LAIN:
- Sebagai satu-satunya sumber informasi serta pengawas dan pengendali proses pembelajaran (dalam hal ini, siswa bersifat pasif dan belajar sesuai kecepatan siswa dalam belajar).
- Sebagai bahan pendukung proses pembelajaran yang diselenggarakan.
2. FUNGSI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL, ANTARA LAIN :
- Sebagai media utama dalam proses pembelajaran.
- Sebagai alat yang digunakan untuk menyusun dan mengawasi proses peserta didik dalam memperoleh informasi.
- Sebagai penunjang media pembelajaran individual lainnya.
3. FUNGSI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK, ANTARA LAIN:
- Sebagai bahan yang terintegrasi dengan proses belajar kelompok, dengan cara memberikan informasi tentang latar belakan materi, onformasi tentang peran orang-orang yang terlibat dalam pembelajaran kelompok, serta petunjuk tentang proses pembelajaran kelompoknya sendiri.
- Sebagai bahan pendukung bahan belajar utama, dan apabila dirancang sedemikian rupa, maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
JENIS- JENIS BAHAN AJAR
- BAHAN CETAK, merupakan sejumlah bahan yang telah disiapkan dalam bentuk kertas untuk keperluan pembelajaran atau untuk menyampaikan sebuah informasi. Misalnya buku, modul, handout, lembar kerja siswa, brosur, foto atau gambar, dan lain-lain.
- BAHAN AJAR DENGAR ATAU PROGRAM AUDIO, merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan sinyal radio secara langsung, yang mana dapat dimainkan atau didengarkan oleh seseorang atau sekelompok orang. Contohnya kaset, radio, Compact disk audio.
- BAHAN AJAR PANDANG DENGAR (AUDIOVISUAL), merupakan kombinasi sinyal audio dengan gambar bergerak secara sekuensial. Misalnya film, video compact disk.
- BAHAN AJAR INTERAKTIF, yakni kombinasi dari dua atau lebih media (audio, teks, grafik, gambar, animasi, dan video) yang kemudian dimanipulasi oleh penggunanya atau diberi perlakuan untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi. Contohnya compact disk interactive.