Pengertian Belajar Mandiri adalah salah
satu artikel dari paket postingan “Belajar
Mandiri”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi
kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket
postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel, di antaranya :
Pengertian Belajar Mandiri Menurut Para Ahli
WEDEMEYER
Belajar mandiri adalah cara belajar
yang memberikan derajat kebebasan, tanggung jawab, dan kewenangan yang lebih
besar kepada pembelajar dalam melaksanakan dan merencanakan kegiatan-kegiatan
belajarnya.
LEWIS DAN SPENSER
Belajar mandiri adalah adanya komitmen
untuk membantu pembelajar memperoleh kemandirian dalam menentukan keputusan
sendiri tentang tujuan atau hasil belajar yang dicapai, mata ajar dan tema yang
akan dipelajari, sumber-sumber belajar serta metode yang akan dipelajari,
kapan, bagaimana serta dalam hal apa keberhasilan yang akan diuji.
KNOWLESS
belajar
mandiri adalah suatu proses dimana individu mengambil inisiatif dengan atau
tanpa bantuan dari orang lain untuk mendiagnosa kebutuhan belajarnya sendiri,
merumuskan atau menentukan tujuan belajarnya sendiri, mengidentifikasi
sumber-sumber belajar, memilih dan melaksanakan strategi belajarnya, serta
mengevaluasi hasil belajarnya sendiri.
HARIS MUJIMAN
Belajar mandiri adalah kegiatan belajar
yang diawali dengan kesadaran adanya masalah, disusul dengan timbulnya niat
melakukan kegiatan belajar secara sengaja untuk menguasai sesuatu kompetensi
yang diperlukan guna mengatasi masalah.
BROOKFIELD
Belajar
mandiri adalah yang dilakukan oleh siswa secara bebas menentukan tujuan
belajarnya, arah belajarnya, merencanakan proses belajaranya, menggunakan
sumber-sumber belajar yang dipilihnya, membuat keputusan akademik, dan
melakukan kegaiatan-kegiatan untuk tercapainya tujuan belajarnya.
TAHAR
kemandirian
belajar merupakan kesiapan dari individu yang mau dan mampu untuk belajar
dengan inisiatif sendiri, dengan atau tanpa bantuan orang lain dalam hal
penentuan tujuan belajar, metode atau strategi belajar, sumber belajar, dan
evaluasi hasil belajar.
MERRIAM DAN CAFFARELLA
kemandirian
belajar merupakan proses dimana individu mengambil inisiatif dalam
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajarannya.