Faktor Faktor yang mempengaruhi Evaluasi
Pembelajaran adalah salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi Pembelajaran”. Isi di
dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun, jadi kami sangat
merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih terkait.
Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel,
di antaranya :
Faktor Faktor yang Mempengaruhi
Evaluasi Pembelajaran
1. FAKTOR INTERNAL
a. Tingkat
Pendidikan
Sesuai
dengan undang-undang RI No 14 tahun 2005 tentang guru/dosen pasal 8 ditentukan
bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi
pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan
tujuan pendidikan nasional. Tingkat pendidikan guru dijadikan sebagai ukuran
untuk meni;ai tingkat profesionalitas, sesuai dengan ketentuan dalam
undang0undang guru dan dosen.
b. Tingkat
Kesejahteraan Guru
Komitmen
pemerintah baik pusat maupun daerah terhadap penyelenggaraan pendidikan juga
sangat diperlukan. Dukungan tersebut baik dari segi peningkatan anggaran dana
pendidikan, maupun komitmen dalam melaksanakan berbagai pembaharuan dalam
bidang pendidikan. Pemerintah diharapkan menghargai kompetensi guru misalnya
melalui pemberian tunjangan, namun diharapkan pemberian tunjangan harus
didasrkan pada hasil uji kompetensi guru.
2. FAKTOR
EKSTERNAL
a. Ketersediaan
Sarana dan Prasarana Pendidikan
Dalam
pelaksanaan pendidikan faktor sarana dan prasarana merupakan faktor yang tidaj
kalah pentingnya. Kelengkapan sarana dan prasarana dapat menunjang peningkatan
mutu pendidikan. Ahar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran secara
efektif maka hendaknya ada ketersediaan sarana dan prasarana dan media
pembelajaran yang menunjang.
b. Kepemimpinan kepala sekolah
Kepemimpinan
kepala sekolah memiliki andil cukup besar dalam mendorong dan meningkatkan
kompetensi guru mengembangkan teknik evaluasi. Kepala sekolah hendaknya
menunjukan rasa tanggung jawab bersama dan selalu memberikan keteladanan dalam
melaksanakan tugas.