Tujuan Evaluasi Pembelajaran adalah
salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi
Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun,
jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel,
di antaranya :
Tujuan Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli
MUHIBBIN SYAH
Tujuan Evaluasi Yaitu:
1)
mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai dalam suatu kurun waktu proses
belajar tertentu.
2)
mengetahui posisi atau kedudukan seorang siswa dalam kelompok kelasnya.
3)
mengetahuai tingkat usaha yang dilakukan siswa dalam belajar.
4)
mengetahui hingga sejauh mana siswa telah mendayagunakan kapasitas kognitifnya
(kemampuan kecerdasan yang dimilikinya) untuk keperluan belajar, dan
5)
mengetahui tingkat daya guna dan hasil guna metode mengajar yang telah
digunakan guru dalam proses belajar mengajar.
GILBERT SAX
Tujuan Evaluasi dan
pengukuran adalah untuk Seleksi, penempatan, diagnosis dan remediasi, umpan
balik: penafsiran acuran-norma dan acuan-patokan, motivasi dan bimbingan
belajar, perbaikan program dan kurikulum; evaluasi formatif dan sumatif serta
pengembangan teori.
KELLOUGH DAN
KELLOUGH
Tujuan Penilaian Adalah untuk membantu
belajar siswa, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa, menilai
efektivitas strategi pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektivitas program
kurikulum, menilai dan meningkatkan efektivitas pembelajaran, menyediakan data
yang membantu dalam membuat keputusan, komunikasi dan melibatkan orang tua
siswa.
SUHARSIMI ARIKUNTO DAN CEPI SAFRUDIN
Penilaian
dilakukan bertujuan: 1) merangsang aktivitas siswa; 2) menemukan penyebab
kemajuan atau kegagalan pembelajaran; 3) memberi bimbingan yang sesuai; 4)
memberi laporan tentang kemajuan siswa kepada orangtua dan lembaga pendidikan
terkait; dan 5) sebagai feed back. Sebuah program bukan hanya kegiatan tunggal,
melainkan kegiatan yang berkesinambungan karena melaksanakan suatu kebijakan.
Secara
Umum Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk:
a.
Memperoleh data pembuktian yang akan menjadi petunjuk samapai dimana tingkat
kemampuan dan tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan-tujuan kurikuler
setelah menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
b.
Mengukur dan menilai sampai dimanakah efektifitas mengajar dan metode-metode
mengajar yang telah diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidik, serta kegiatan
belajar yang dilaksanakan oleh siswa.
Adapun
yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan evaluasi dalam bidang pendidikan
adalah:
a.
untuk meransang kegiatan siswa dalam menentukan faktor-faktor program
pendidikan.
b.
Untuk mencari dan menemukan faktor-faktor penyebab keberhasilan siswa dalam
mengikuti program pendidikan, sehingga dapat dicari dan ditemukan jalan keluar
atau cara–cara perbaikan