Teknik Evaluasi Pembelajaran adalah
salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi
Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun,
jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel,
di antaranya :
Teknik Evaluasi Pembelajaran Menurut Para Ahli
Teknik Evaluasi
Pembelajaran dapat digolongkan menjadi dua macam, antara lain:
A. TEKNIK TES
Tes
merupakan suatu alat pengumpul informasi tetapi jika dibandingkan dengan
alat-alat yang lain, tes lebih bersifat resmi karena penuh dengan
batasan-batasan.
Ditinjau
dari segi kegunaan untuk mengukur peserta didik tes dapat dibedakan menjadi
tiga macam antara lain:
1) Tes Diagnostik
Tes
diagnostik adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa
sehingga berdasarkan kelemahankelemahan tersebut dapat dilakukan pemberian
perlakuan yang tepat.
2) Tes Formatif
Dari
kata “form” yang merupakan kata dasar dari istilah “formatif” maka evaluasi
formatif dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah terbentuk setelah
mengikuti suatu program tertentu.
3) Tes Sumatif
Tes
sumatif dilaksanakan setelah berakhirnya pemberian sekelompok program atau
sebuah program yang lebih besar.
B. TEKNIK NON TES
Ada
beberapa teknik non tes dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran yaitu:
1) Skala Bertingkat (Rating Scale)
Skala
menggambarkan suatu nilai yang berbentuk angka terhadap suatu hasil
pertimbangan
2) Kuesioner (Questionaire)
Kuesioner
juga sering dikenal dengan angket. Pada dasarnya kuesioner adalah sebuah daftar
pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diuukur (responden).
3) Daftar Cocok (Check List)
Daftar
cocok adalah deretan pertanyaan (yang baisanya singkat-singkat), dimana
responden yang dievaluasi tinggal mebubuhkan tanda (√) di tempat yang sudah
disediakan.
4) Wawancara (Interview)
Wawancara
adalah suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden
dengan Tanya jawab sepihak. Dikatakan sepihak karena dalam wawancara ini
responden tidak diberi kesempatan sama sekali untuk mengajukan pertanyaan. Dan
pertanyaan hanya diajukan oleh subjek evaluasi.
5) Pengamatan (Observation)
Pengamatan
atau observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan
pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematis.
6) Riwayat Hidup
Riwayat
hidup adalah gambaran tentang keadaan seseorang selama dalam kehidupannya.
Dengan mempelajari riwayat hidup, maka subjek evalausi akan dapat menarik
kesimpulan tentang kepribadian, kebiasaan dan sikap dari objek yang dimulai