Langkah Evaluasi Pembelajaran adalah
salah satu artikel dari paket postingan “Evaluasi
Pembelajaran”. Isi di dalamnya, hanyalah sebagai pengantar ilmu pengetahun,
jadi kami sangat merekomendasikan untuk membaca sumber sumber lain yang masih
terkait.
Paket postingan ini terdiri atas berbagai macam artikel,
di antaranya :
Langkah Langkah Evaluasi Pembelajaran
1) Menyusun
rencana evaluasi hasil belajar
a)
Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi. Perumusan tujuan evaluasi hasil
belajar itu penting sekali, sebab tanpa tujuan yang jelas maka evaluasi hasil
belajar akan berjalan tanpa arah dan pada gilirannya dapat mengakibatkan
evaluasi menjadi kehilangan arti dan fungsinya.
b)
Menetapkan spek-aspek yang akan dievaluasi misalnya apakah aspek kognitif,
aspek afektif, atau aspek psikomotorik.
c)
Memilih dan menentukan teknik yang akan dipergunakan didalam pelaksanaan
evaluasi, misalnya apakah evaluasi itu akan dilaksanakan dengan teknis tes
ataukah non tes.
d)
Menyusun alat-alat pengukuran yang akan dipergunakan dalam pengukuran dan
penilaian hasil belajar siswa, seperti butir-butir soal tes hasil belajar.
e)
Menentukan tolak ukur, norma atau kriteria yang akan dijadikan pegangan atau
patokan dalam memberikan interprestasi terhadap data hasil evaluasi.
f)
Menentukan frekuensi dari kegiatan evaluasi hasil belajar itu sendiri.
2) Menghimpun Data
Wujud
nyata dari kegiatan menghimpun data adalah melaksanakan pengukuran, misalnya
dengan menyelenggarakan tes hasil belajar atau melakukan pengamatan, wawancara
atau angket dengan menggunakan instrument-instrumen tertentu berupa rating
scale, check list, interview guide atau questionnaire.
3) Melakukan
verifikasi data
Data
yang telah berhasil dihimpun harus disaring lebih dahulu sebelum diolah lebih
lanjut. Prooses penyaringan itu dikenal dengan istilah penelitian data atau
verifikasi data. Verifikasi data dimaksudkan untuk dapat memisahkan data yang
baik dari data yang kurang baik.
4) Mengolah dan menganalisis data
Mengolah
dan menganalisis hasil evaluasi dilakukan dengan maksud untuk memberikan makna
terhadap data yang telah berhasil dihimpundalam kegiatan evaluasi. Untuk
keperluan itu makan data hasil evaluasi perlu disusun dan diatur sedemikian
rupa sehingga dapat berbicara. Dalam mengolah dan menganalisis data hasil
evaluasi itu dapat dipergunakan teknik statistik dan /atau teknik non
statistik, ctergantung kepada jenis data yang akan diolah dan dianalisis.
Dengan analisis statistic misalnya, penyusunan atau pengaturan dan penyajian
data lewat tabel-tabel, grafik atau diagram, perhitungan-perhitungan rata-rata,
standar defiasi, pengukuran korelasi, uji beda mean atau uji beda frekuensi,
dan sebagainya akan dapat menghasilkan informasi-informasi yang lebih lengkap
dana mat berharga.
5) Memberikan interprestasi dan menarik
kesimpulan
Penafsiran
atau interpretasi terhadap data hasil evaluasi belajar pada hakikatnya adalah
merupakan verbalisasi dari makna yang terkandung dalam data yang telah
mengalami pengolahan dan penganalisisan. Atas dasar interpretasi terhadap data
hasil evaluasi pada akhirnya dapat dikemukan kesimpulan-kesimpulan tertentu.
Kesimpulan-kesimpulan hasil evaluasi itu sudah tentu harus mengacu kepada
tujuan dilakukannya evaluasi itu sendiri.
6) Tindak lanjut hasil evaluasi
Bertitik
tolak dari data hasil evaluasi yang telah disusun, diatur, diolah, dianalisis,
dan disimpulkan sehingga dapat diketahui apa makna yang terkandung didalamnya
maka pada akhirnya evaluator akan dapat mengambil keputusan atau merumuskan
kebijakan-kebijakan yang dipandang perlu sebagai tindak lanjut dari kegiatan
evaluasi tersebut. Harus senantiasa diingat bahwa setiap kegiatan evaluasi
menuntut tindak lanjut yang konkret.